Sunday, November 06, 2011

Belajar tentang Makna 'Idul Adha (Berqurban)

Hari ini semua umat muslim di dunia merayakan 'Idul Adha, atau bisa dibilang hari raya qurban. Yaph! Umat muslim yang mampu (secara finansial) wajib hukumnya berqurban. Berqurban ini adalah berkorban, mengorbankan hartanya dalam bentuk hewan sembelihan, yang kemudian dibagikan kepada yang berhak menerimanya. Subhanallah, Islam mengajarkan berbagi besar-besaran hari ini :)

Makna yang sesungguhnya adalah menyembelih kecintaan kita pada dunia semata-mata untuk mendapatkan ridha Allah. Seperti dikisahkan Nabi Ibrahim AS yang dengan ikhlas demi Allah menyembelih putra satu-satunya yang telah lama dinanti-nantinya dan paling dicintai, Nabi Ismail AS. Kemudian saat akan menyembelih, Allah menggantikan Nabi Ismail dengan seekor kambing. Nah, dari sinilah kambing, atau bisa juga sapi hewan sembelihan itu merupakan simbol dari kecintaan kita terhadap harta (dunia). Maka bagi yang mampu wajib menyerahkan hewan sembelihan berupa kambing atau sapi sebagai syarat berqurban itu tadi.




Hahaha, susah juga kalau sembelihannya macam "Shaun The Sheep" ini gak tega soalnya lucu-lucu. :p

Kalau boleh saya jabarkan lagi, berqurban itu bukan hanya pada hari raya 'Idul Adha saja, dan bukan cuma tentang kambing dan sapi, tapi dalam kehidupan sehari-hari pun kita bisa berqurban. Inti dan maknanya tetap sama, "menyembelih kecintaan pada dunia (gak cuma harta), untuk mendapatkan ridha Allah".

Misalnya saja, anak-anak muda yang lagi asik-asiknya mengenal dunia, bahkan hingga terlena dengan segala kesenangan dunia, hura-hura sama teman-teman, dugem, maksiat, kongkow gak kenal waktu dan lain-lain deh. Pokoknya begitu banyak kenikmatan dunia yang bisa dijabarkan, tergantung individu masing-masing menikmati apa. hehe. Nah, mayoritas anak muda ini terkadang sampai menghiraukan Allah, na'udzubillah. Mereka tau itu semua tidak baik, tidak sedikit juga dari mereka ingat Allah, cuma ingat, tapi kenapa mereka tidak segera meninggalkan kesenangan-kesenangan itu?

Jawabannya karena itu semua tidak mudah. Godaan dunia lebih indah mamen! Kalau saja mereka mau meninggalkan kesenangan-kesenangan itu, berarti mereka sudah mau berqurban, lebih mengutamakan Allah dengan menjalankan apa-apa yang sudah menjadi ketentuan agama. Memang, karena masih muda, katanya masih masanya bersenang-senang, mencari jati diri atau apalah. Tapi bukankah lebih baik menyegerakan diri terhadap kebaikan. Kebaikan yang berujung ridhanya Allah kepada kita. Mumpung masih muda, bersegeralah menambah kebaikan sebanyak-banyaknya dalam hidup! :)

Beberapa tahun yang lalu, saat baru menduduki kelas XI SMA, saya berniat untuk berqurban. Qurban saya adalah menyembelih kecintaan terhadap baju-baju berlengan pendek dan celana pendek, juga menggerai rambut. Hehe. Dengan kata lain saya memutuskan berhijab. Gak gampang lho! Takutnya kalau berhijab itu ga bakal gaya. Belum lagi panas, gerah!

Selain sejak kecil, saya suka nge-dance. Sejak masuk SMA saya memutuskan untuk tidak mengikuti kegiatan ekstra ini, entah kenapa menurut saya dance anak SMA mulai agak erotis dan kostumnya rata-rata mini banget. Cukuplah masa-masa SD dan SMP yang nge-dance dengan gerakan wajar, imut, lucu dan centil seperti girlband yang lagi naik daun sekarang, Cherrybelle. Hihihi. Eh, tapi ada lho teman seangkatan saya di SMA ada yang rela keluar dari tim modern dance karena dia memutuskan berhijab, subhanallah ya! Namanya Galuh, dan alhamdulillah konsisten sampai sekarang. Thumbs up! d^^b

Well alhamdulillah, dengan tidak mengikuti kegiatan ekstra itu saya lebih memudahkan untuk berqurban. Karena menurut saya dance ini bikin nagih apalagi kalau udah perform, ada kepuasan tersendiri lho! Memang dalam Islam tidak ada yang seperti ini. Malah wanita tidak boleh menari. Adapun tarian di Islam juga tarian sufi yang cuma muter-muter dengan baju panjang dan peci ala sufi.

Oiya, terakhir nih sebelum saya tidur. Keputusan berqurban saya waktu itu, yang saya lebih suka menyebutnya "turning point", saya lakukan tepat di Hari Raya 'Idul Adha. Wahahaha So sweet! ;))
Hmm, 'Idul Adha tahun ini saya mau berqurban apalagi ya?? :)

No comments:

Post a Comment