Tuesday, October 24, 2006

When "Lebaran" Comes....

Sperti judulnya, saat Lebaran tiba, Q pasti "mudik". Suatu tradisi dari tahun ke tahun yang cuma bisa dilakukan setahun sekali. Dan tujuan mudik keluargaku adalah Malang dan Kebumen. Itu sih tujuan mudik waktu Q masih tinggal di Palembang getoo. Tapi sekarang kalo Lebaran tujuannya cuma ke Kebumen. Tujuan mdik itu sendiri berubah karena kepindahan Q dan keluarga ke Malang sejak tahun 2003, tepatnya waktu Q akan menginjak bangku kelas 2 SMP.
Balik lagi ke masalah Lebaran. Ni moment penting banget buat semua muslim di dunia. Kata orang2 bahasa terkenalnya hari kemenangan gitu deh. Setelah 1 bulan penuh berpuasa menahan nafsu dan amarah, akhirnya hari itu muncul juga. Dan bagitulah yang Q rasakan hari ne. Bangun pagi2 trus mandi lalu cabut ke lapangan tempat diselanggakannya sholat Ied. Gile.. Q telat bo! Akhirnya dapet tempat sisa. Taw gak di mana? di depan warungnya orang! Aduh bo, cape deh eke, fiuh... (ABCDEF). Setelh sholat sodara2Q pada ngetawain. Gimana gak malu coba!! Habis gitu dilanjutkan dengan tradisi "Sungkem". Tradisi yang menurutku waktu kecil tu enak! Soalnya kalo sungkem kan duduk dilantai trus sambil salaman juga sambil didoain ma Mbah Uti Q. Biasanya doanya lwama... bgt. Sampe2 Q dulu katiduran di lututnya. Hehe.. dasar tukang tidur!
Setelah sungkem, tradisi selanjutnya adalah makan ketupat. Tapi di Kebumen beda1 Di sini gak pake ketupat, tapi pake lontong biasa. Mlah tadi Q gak menemukan 1 cuil katupatpun di meja makan. Yang ada malah nasi! Yah... Sperti hari2 biasa gitu deh! Yang beda lauknya. Ada buanyakk bgt di atas meja. Maklum keluarga pada ngumpul!
Sukanya lagi, sepupuku yang dari Jakarta dateng. Masih kecil2 lage... Masih SD! Biar geto dulu kecilnya di Jepang. Kalo ngomong lucu jg c! Coz logatnya masih logat Jepang!
Selain ketemu ma sodara yang dari Jakarta ntu, Q juga di ajak keliling2 ke rumah kerabat2 dan tetangga. Busett... Di sana perutQ rasanya mo meledak! Gak ada satu ruang kosongpun bwt menampung sedikit lagi. Tiap rumah kasih 1 gelas minuman plus temennya (kue2nya). Pulang2 tinggal ngantuknya bicoz op kekenyangan.
Enaknya lagi, di rumah seharian rame. Tetangga juga pada dateng. Gak cuma tetangga, anak2 kecil yang dateng berombongan juga ada. Biasanya mereka cuma mo galak gampil plus makanannya doang. Bukan nasehat atawpun makna Lebaran yaitu maap2an. Duh.... Nakal2 juga c!
Nah... Sekian cerita bouLebarannya.
'N perlu diketahui, sejak dua tahun lalu, LebaranQ selalu di Kebumen, kota kecil tempat BabeQ dilahirkan. Soalnya di Malang Mbah Uti yang dari IbuQ meninggal dunia. Cuma ada sodara2nya Ibu. Biasanya mereka juga pada mudik ke rumah mertua masing2. Jadi baru bisa ketemu setelah Lebaran hari kedua. So, orang paling penting buat di kunjungi tinggal 1. Q gak punya Mbah lagi. Tinggal 1...

No comments:

Post a Comment